Dekan Hadiri Kegiatan Kajian Mahasiswa HMPS Ekonomi

FSEI IAIN Curup. Salah satu Ormawa IAIN Curup HMPS Ekonomi Syariah berkolaborasi dengan GIS IAIN Curup melaksanakan kegiatan kajian ekonomi islam dengan mengangkat tema “Fenomena Panic Buying dan Scarcity”. Kajian ini dimaksudkan untuk menambah wawasan mahasiswa dalam bidang akademik, dan melatih agar mahasiswa peka terhadap fenomena atau isu yang sedang terjadi di masyarakat saat ini.  Kegiatan ini dilaksankan pada hari sabtu  pada tanggal 04 Juni 2022 bertempat di gedung GIS IAIN Curup dan dihadiri oleh Dekan FSEI IAIN Curup Dr. Yusefri, M.Ag, Direktur GIS Andriko, M.E., Sy, Ketua Prodi Perbankan Syariah Khairul Umam Khudori, M.E.I, Sekretaris Prodi Perbankan Syariah Soleha, M.E. Turut pula hadir dari unsur mahasiswa Ketua HMPS HTN dan 53 peserta kegiatan. Dalam kegiatan ini mengundang salah satu dosen senior FSEI Noprizal M.Ag.

 

Mengawali kegiatan Reva Kurnia selaku ketua panitia menyampaikan permohonan maaf dan ucapan terimakasih kepada segenap panitia dan tamu undangan karena mendukung dengan maksimal kegiatan tersebut.

“Saya mewakili segenap panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh tamu undangan karena menyempatkan hadir pada kegiatan rutin HMPS ES dan tak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan panitia yang telah bekerjasama untuk mensukseskan acara sekaligus memohon maaf jika dalam proses pelaksanaan kegiatan ada salah yang menyinggung perasaan rekan-rekan panitia sekalian”

 

Ketua HMPS ES dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dekan FSEI IAIN Curup Dr. Yusefri, M.Ag. Tak lupa ia menambahkan jika kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh HMPS ES karena merupakan ladang mahasiwa menyikapi isu-isu yang ada saat ini.

 

“Kami selaku pengurus HMPS ES mengucapkan terima kasih kepada segenap tamu undangan yang telah menyempatkan hadir dalam acara ini, terlebih lagi rasa sukur karena dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Dr. Yusefri M.Ag. kegiatan kajian ini merupakan hal yang rutin dilakukan oleh HMPS ES, karena merupakan hal yang baik bagi anggota HMPS ES dan juga mahasiswa dalam menyikapi isu-isu yang sedang terjadi, terlebih lagi tema yang di angkat kali ini merupakan fenomena yang baru masyarakat rasakan yaitu Panic Buying dan Scarcity,” ujarnya.

Dr. Yusefri, M.Ag selaku Dekan FSEI IAIN Curup membuka kegiatan kajian rutin ini. Dalam paparannya bapak yang kerap disapa ustad menyampaikan bahwa mahasiswa sebaiknya rutin melaksanan kegiatan yang bersifat positif dan mendukung kemajuan lembaga.

 

“Mahasiswa harus sering dalam melakukan kegiatan yang positif dan beliau sangat mendukung kejiatan yang dilakukan oleh HMPS ES dan GIS ini. Sebaiknya kegiatan seperti kajian ini, setidaknya satu kali dalam satu bulan dan jangan lupa untuk melaporkan dan medokumentasikan setiap kegiatan yang ada karena hal itu akan sangat berguna bagi Fakultas”.

 

Pada kegiatan inti, Noprizal, M.Ag selaku pemateri dalam paparannya menyampaikan bahwa masyarakat sering kali panik dan takut pada saat langkanya suatu produk sehingga akan menimbulkan hal yang lebih tidak baik lagi bagi setiap orang. Lebih lanjut beliau menyebtukan bahwa dalam keadaan apapun masyarkat harus pandai-pandai mengelola keadaan

 

“Masyarakat sering kali panik dan takut pada saat langkanya suatu produk seperti minyak kemarin, sehingga akan menimbulkan hal yang lebih tidak baik lagi bagi setiap orang. Karena kepanikan yang di alami masyarakat sehingga membuat mereka berbondong-bondong untuk membeli minyak dalam jumlah yang banyak, sehingga hal tersebut secara tidak sadar akan membuat orang lain tidak kebagian,” Papar Noprizal.

 

Para peserta dengan tenang menyimak apa yang disampaikan oleh bapak Noprizal, M.Ag dan antusias tanya jawab dengan pemateri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.