DEKAN FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM SIAP SUKSESKAN TAHAPAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU IAIN CURUP 2024

FSEI IAIN Curup, Secara Nasional tahapan Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PKTIN) resmi di launching oleh Menteri Agama Republik Indonesia H. Yaqut Cholil Qoumas pada Jumat 19/01/2024 di Jakarta. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal Kemenag Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag, Dirjen Pendidikan Islam Prof. Dr. M. Ali Ramdhani, Ketua Forum Rektor PTKIN Prof. Dr. Masnun Thahir, Ketua Pelaksana PMB PTKIN Prof. Dr. Nyayu Khodijah, Staf Ahli dan Staf Khusus Menteri Agama serta para pimpinan 58 PTKIN se Indonesia, juga berkesempatan hadir Rektor IAIN Curup.

 

Gus Men meminta seluruh elemen pada jajaran PTKIN membuat cara-cara kreatif agar menarik minat pelajar untuk mendaftar di kampusnya. “Saya minta PTKIN agar memiliki cara-cara kreatif agar dapat menarik minat para pelajar untuk mendaftar di sini”, ungkapnya. Dengan dirilisnya pembukaan PMB oleh Menteri Agama, maka resmi secara serentak seluruh PTKIN pada tanggal 21 Januari 2024 telah membuka tahapan penerimaan mahasiswa baru. Adapun tema PMB PTKIN tahun ini sebagaimana penuturan Dirjen Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani pada sambutannya yaitu  Start To Be Smart.  Ia berharap, dalam pelaksanaan PMB kali ini, seluruh PTKIN dapat bersinergi dan saling mendukung untuk menjaring calon mahasiswa terbaik.

Sebagai panitia lokal PMB PTKIN di IAIN Curup, rektor telah mengeluarkan SK Panitia yang bekerja efektif hari ini 21/01/2024 tandas Prof. Dr. Idi Warsah, M.Pd.I saat memimpin langsung Apel Senin pagi. Rektor meminta seluruh masyarakat kampus untuk mensosialisasikan PMB secara masiv melalui kalender, baliho dan sarana lainnya, ”saya berharap kita dapat memperoleh mahasiswa baru tahun ini sebanyak 1300 sesuai dengan daya tampung kampus kita saat ini” begitu penegasannya.

Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Dr. H. Ngadri, M.Ag menindaklanjuti himbauan rektor diatas dengan menginstruksikan seluruh ketua program studi, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa untuk menginformasi PMB IAIN Curup melalui semua sarana promosi seperti brosur, slide digital dan menyebarkannya melalui flatform media social. Selanjutnya ”kita telah berkoordinasi bersama jajaran untuk membentuk panitia sosialisasi di tingkat fakultas yang akan bergerak ke Madrasah, Ponpes, Sekolah Menengah Umum dan Kejuruan pada awal Februari 2024” ujar Kyai Kharismatik yang juga Rois Syuriah PCNU Rejang Lebong ini.

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Curup memiliki beberapa Program Studi yaitu Hukum Keluarga Islam, Perbankan Syariah, Hukum Tata Negara, Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah. Nah, calon mahasiswa baru telah dapat mengakses informasi pendaftaran melalui https://span.ptkin.ac.id untuk jalur SPAN PTKIN dan https://um.ptkin.ac.id untuk jalur UM-PTKIN dan https://spmb.iaincurup.ac.id simak dan catat tahapan dan jadwal pada masing-masing jalur masuk pada IAIN Curup tahun 2024.